Layanan Aduan dan Aspirasi Pelayanan Publik : www.lapor.go.id

Mendukung Perluasan Area Tanam (PAT), Pemkab Polman Serahkan 25 Unit mesin Pompa Air


03 Jun 2024   KEGIATAN

Warta Kominfo SP Polewali Mandar- Guna mendukung Perluasan Areal Tanam (PAT) melalui Program Pompanisasi,  Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polewali Mandar menyerahkan Alat Mesin Pertanian kepada Kelompok Tani, dan diserahkan secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Polewali Mandar, Ir. Bebas Manggazali, Selasa 28 Mei 2024 di Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polewali Mandar.

Pada kesempatan tersebut diserahkan sebanyak 25 unit mesin pompa air, kepada 25 kelompok tani. Melalui program Pompanisasi tersebut, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi padi di Kabupaten Polewali Mandar, hal  tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polewali Mandar Andi Afandi Rahman.

“ Dikesempatan ini tadi sudah diserahkan secara simbolis oleh Bapak Sekretaris Daerah mewakili Bapak Pj. Bupati Polman, itu sebanyak 25 unit, penerima untuk tahap awal ini sebanyak 25 kelompok tani. Jadi harapan kami sama dengan petani-petani kita, agar kiranya turun bantuan berupa pompa air, agara kiranya ada percepataaaan yang bisa dilakukan petani kita. Seperti tadi dijelaskan bahwa sasarannya adalah bagaimana pertanian-pertanian dan lokasi-lokasi pertanian yang tidak melakukan pertanaman selama satu tahun satu kali dalam setahun, bisa menjadi dua kali. Istilahnya dari P nol menjadi P satu, menjadi  dua dan harapan kita juga kedapan ini ketersediaan benih tercukupi ditingkat petani, begitupun juga dengan pupuk, dan harapan lain kita karena ini adalah solusi-solusi jangka pendek, kira-kira kedepan juga solusi jangka panjang juga perlu difikir. Seperti pembangunan jaringan tersier dan kalau bisa seperti di daerah tinambung itu dibendung yang potensinya bisa mengairi lebih dari 2000 H dan bisa bermanfaat untuk tiga sektor, pertama sektor pertanian, air bersih, maupun mitigasi bencana diwilayah tinambung dan sekitarnya “ Jelasnya.


Dikesempatan yang sama, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Sulawesi Barat, Repelita Kallo menjelaskan, program pompanisasi menjadi satu langkah awal untuk mendukung perluasan areal tanam dan peningkatan produksi padi bagi para petani. Program tersebut diperuntukkan bagi para kelompok tani yang dalam setahun tidak melakukan penanaman.

“ Program ini diperuntukkan bagi petani-petani yang memiliki lahan sawah yang indeks pertanamannya masih nol, artinya dalam setahun tidak pernah menanam baik karena kekeringan atau insdeks pertanaman satu atau dia menanam hanya satu kali dalam setahun, sehingga Bapak Menteri Pertanian membuat program ini untuk mengairi lahan sawah yang ada di Provinsi Sulawesi Barat. Setau saya sesuai data statistik, lahan sawah di Provinsi Sulawesi Barat ini kurang lebih 15000 H, itu yang diharapkan bisa memacu produksi sehingga kekurangan produksi pada bulan sebelumnya bisa teratasi. Selain program ini, ada juga program perpompaan, jadi petani dibantu atau difasilitasi perpompaan. Bantuan itu langsung ke petaninya. Ada juga pipanisasi diperuntukkan bagi daerah yang sawahnya berada diketinggian jadi kita bisa memanfaatkan air dari pegunungan “ kata Repelita Kallo.


Salah satu warga dari kelompok tani penerima manfaat mengucap syukur dan terimakasih kepada Pemerintah.

“ Kami dari kelompok tani hidayah 2 desa lampoko kecamatan campalagian. Saya sangat berterimakasi kepada Pemda Kabupaten Polewal Mandar serta BSP yang ada di Provinsi Sulbar yang memberikan berupa bantuan pompa air yang sangat kami butuhkan karena mengingat kebutuhan air yang kami pakai tidak mencukupi sehingga dengan adayang bantuan ini saya sangat bersyukur “ Tutup Muhammad.


Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar

Kegiatan Terbaru

Pemkab Polman Ikuti Berbagai Kegiatan pada APKASI Otonomi Expo 2022...
21 Jul 2022

Warta Kominfo SP, Polewali Mandar - Memasuki hari kedua pagelaran APKASI Otonomi Expo 2022, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar mengikuti serangkaian kegiatan diantaranya   pagelaran  Fashion Show Wastra Nusantara  dan juga  Business Matching  bertempat di Hall A JCC Senayan Jakarta,  Kamis, 21 Juli 2022.Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UKM, Andi Candra, mengatakan salah satu kegiatan yang diikuti pada pameran APKASI Otonomi Expo 2022 yaitu kegiatan Business Matching, dimana pada kegiatan ini dapat menjalin kerjasama dengan kabupaten yang telah ikut dalam pameran ini." Kami tadi mengikuti Business Matching yang diadakan APKASI Otonomi Expo 2022 yaitu adanya jalinan kerjasama dengan beberapa pihak, terutama mereka yang berminat dengan beberapa komoditi yang ada di Kabupaten Polewali Mandar seperti Beras, Kopi dan Gula merah cair, itu kami akan kami tindaklanjuti kedepan karena mereka akan berkunjung untuk melihat langsung kesiapan kita, dan harapan kami dengan adanya pameran APKASI Otonomi Expo tentang komoditi, yang kita harapkan akan adanya terjalin kerjasama dan perdagangan antar Kabupaten yang mengikuti pameran ini dan harapan kedepan kita dari Pemda Polman betul siap untuk menyiapkan komoditi apa yang kita tonjolkan" jelasnya.Kemudian Kepala Dinas PMD, Hj. Andi Nursami Masdar mengatakan, pada pagelaran  Fashion Show Wastra Nusantara menampilkan busana yang berbahan kain sutra mandar dirancang oleh desainer lokal Kabupaten Polewali Mandar."Pada pameran APKASI Otonomi Expo, Alhamdulillah tim Polewali Mandar menampilkan peragaan busana atau fashion show, dimana kami menampilkan busana dengan bahan kain sutra mandar dan tadi juga perancang busana khusus di bidang tenun berkunjung ke stand Polman dan Insyaallah kami mengundang untuk ke Polman untuk bertemu dengan para penenun di Kabupaten Polewali Mandar," kata Nursami.Sedangkan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Andi Parial Patajangi berharap, agar kedepan kegiatan ini dapat lebih ditingkatkan dalam rangka memperkenalkan produk-produk lokal Kabupaten Polewali Mandar."Pada saat pengagasan dalam rangka memeriahkan kegiatan APKASI Otonomi Expo 2022 Bupati Polewali Mandar memerintahkan beberapa OPD terkait, seperti halnya Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata untuk ikut berpartisipasi dalam mendesain yang menjadi lokasi pameran expo tahun ini," jelasnya.Salah satu juri pada Fashion Show Wastra Nusantara Athan Siahaan yang juga merupakan designer ternama Indonesia, berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kearifan lokal dan memajukan perekonomian masyarakat penenun di Kabupaten Polewali.Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar...

Selengkapnya...
Menuju Predikat A 2023, Pemkab Polman Gelar Workshop Peningkatan Kualitas Implementasi SAKIP dan RB...
12 Dec 2022

Warta Kominfo SP, Polewali Mandar - Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar melalui Bagian Organisasi terus berupaya meningkatkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB). Komitmen tersebut salah satunya diwujudkan dengan menggelar Workshop Peningkatan Kualitas Implementasi SAKIP dan RB “Menuju Predikat A Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2023“ yang dilaksanakan di Ball Room Hotel Ratih, 12-13 Desember 2022.Dalam kesempatan tersebut, Sambutan Bupati Polewali Mandar yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum, Muhammad Nawir, S.Sos mengatakan, melalui workshop tersebut diharapkan dapat menemukan solusi dan perbaikan untuk kualitas dan kemajuan Polewali Mandar.“Saya sangat berharap, acara workshop pada hari ini merupakan momen yang sangat berharga bagi kita semua. Saudara-saudara dapat berdiskusi untuk menemu kenali kekurangan-kekurangan apa yang masih kita dapatkan, sehingga dapat kita carikan solusi perbaikan untuk peningkatan kualitas di masa yang akan datang. Saya mengingatkan kepada kita semua, RPJMD bukan hanya tanggung jawab kami sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati, tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama sebagai penanggung amanah rakyat. Kita berharap, cita-cita kita bersama dapat tercapai yaitu, Polewali Mandar yang Marasa: ”Polewali Mandar Maju, Rakyat Sejahtera”, katanya.Sementara itu, hadir pada kesempatan ini selaku Narasumber dari Kedeputian Menpan RB, Canggih Hangga Wicaksono, S.ST, dirinya menyebut bahwa melalui komitmen yang terus dibangun bersama seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Polman, ke depan Kabupaten Polewali Mandar bisa mempertahankan dan mendapatkan peningkatan Nilai dari Evaluasi SAKIP dan RB.“Terkait dengan SAKIP dan RB, kalau melihat hasil evaluasi kita selama ini, tidak menutup kemungkinan, kita akan selalu meningkat. Polman sebenanrya sudah menjadi salah satu Pioner, khususnya di Sulawesi Barat. Itu sudah menjadi pengakuan dari Tim Evaluator. Hanya saja memang ada beberapa perbaikan dan ini yang menjadi tantangan kita saat ini, bagaimana kita mempertahankan,“ jelasnya.Tim Warta Kominfo SP, Polewali Mandar...

Selengkapnya...
Dorong Inovasi, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar Launching Aksi Perubahan Optimum Holistik...
14 Dec 2022

Warta Kominfo SP, Polewali Mandar - Kegiatan Aksi Perubahan Optimum Holistik atau Optimalisasi Perencanaan untuk Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem melalui Sinergitas Pentahelix Stakeholder, terlaksana Selasa, 13 Desember 2022 di Ruang Pola Kantor Bupati Polewali Mandar. Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar secara resmi launching aksi perubahan kinerja organisasi pelatihan kepemimpinan administrator angkatan VIII Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri Regional Makassar.Sambutan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri Regional Makassar diwakili oleh Widyaiswara PPSDM menyampaikan, apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar atas kerjasamanya dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi PKA.“Pelayan kepada masyarakat sangat berbeda dengan masa lampau, saat ini kita beradaptasi dengan digital untuk pelayanan aparatur yang berkuliatas, diperlukan budaya kerja menjawab tantangan zaman menjalankan reformasi birokrasi dengan membudayakan inovasi yang menonjol dan berdampak peningkatan kualitas pelayanan masyarakat dan perbaikan mental setiap perilaku birokarasi,” sebutnya.Andi Ibrahim Masdar, Bupati Polewali Mandar menyebutkan, dengan adanya inovasi ini diharapkan menjadi acuan perencanaan dalam upaya penanggulangan kemiskinan ekstrem yang terpadu.“Saya mengucapkan terima kasih kepada perangkat daerah yang telah bekerjasama dan pihak terkait dalam perencanaan. Semoga langkah nyata menjadi pendorong penanggulangan kemiskinan untuk Polewali Mandar maju, rakyat sejahrtera,” sebutnya.Lebih lanjut Bupati meminta unit kerja menciptakan inovasi dengan sebaik- baiknya, demi pembangunan daerah yang lebih maju dan berkembang.Gunawan, SP., M.Si Reformer mengatakan, aksi perubahan perencanaan penanggulangan kemiskinan ekstrem melalui sinergitas antar stakeholders.  Aksi ini diharapkan mampu bekerja secara optimal untuk mengurangi kemiskinan di Polewali Mandar.“Aksi perubahan perencanaan penanggulangan kemiskinan ekstrem melalui sinergitas. Aksi ini diharapkan dapat mampu bekerja secara optimal untuk mengurangi kemiskinan di Polewali Mandar. Kita bisa bekerjasama, bersinergi dan berkolaborasi,” ungkapnya.Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar...

Selengkapnya...
Meriahkan Hari Jadi ke-63, Pemkab Polman Gelar Expo dan Festival Banua Maraya...
27 Dec 2022

Warta Kominfo SP, Polewali Mandar – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Polewali Mandar ke-63 tahun, Dinas Perindustrian, Perdagangan,Koperasi dan UKM Kabupaten Polewali Mandar menggelar Polman EXPO dan Festival Banua Maraya yang diinisiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar, diselenggarakan selama 6 hari, dimulai pada tanggal 26-31 Desember 2022. Kegiatan ini dibuka secara resmi Bupati Polewali Mandar, H. Andi Ibrahim Masdar. Pembukaan tersebut dihelat berbagai macam hiburan kesenian, mulai dari penampilan tarian dan penyanyi lokal, hingga hiburan lainnya. Acara tersebut bertempat di Sport Center Polewali, pada Senin malam, 26 Desember 2022.Bupati Polewali Mandar, H. Andi Ibrahim Masdar dalam sambutannya, ucapkan apresiasi penuh kepada Panitia Penyelenggara dan antusias masyarakat mengikuti kegiatan tersebut. Yang dimana pelaksanaan ini merupakan salah satu ajang promosi pembangunan daerah serta dapat membangkitkan kembali gairah bagi dunia usaha/UMKM dan dunia hiburan bagi masyarakat serta pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.“Pameran Pembangunan sekaligus Festival Banua Maraya, dimana 3 tahun kita tidak melaksanakan dan sekedar informasi, kita biasa melaksanakan Festival Budaya Internasional yang dihadiri beberapa negara, yaitu kegiatan PIFAF, tapi berhubung adanya pandemi covid ini, sehingga PIFAF, kita tidak dapat laksanakan. Mudah-mudahan di tahun 2023 nanti, kita bisa lagi menghadirkan beberapa negara untuk berfestival di Kabupaten Polewali Mandar. Saya berharap tetap menjaga keamanan, karena ini adalah sebagai bentuk hiburan kita semuanya. Dimana kami dari Pemerintah sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bagaimana memulihkan ekonomi setelah pandemi Covid-19, sehingga kita melakukan kegiatan untuk bagaimana UMKM yang ada di Polewali Mandar dan pada masyarakat yang selama ini berdiam di rumah bisa berkegiatan lagi di luar rumah,” jelasnya.Selanjutnya H. Andi Masri Masdar.S.Sos.,M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sekaligus Ketua Panitia Hari Jadi Kabupaten Polman ke-63 tahun menyampaikan, Festival ini diselenggarakan guna meningkatkan pelestarian budaya di Kabupaten Polewali Mandar.“Terdapat Festival Banua Maraya yang merupakan kegiatan untuk kemajuan kebudayaan dalam upaya meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia, ditengah peradaban dunia melalui perlindungan dan pemanfaatan serta pembinaan kebudayan khususnya di Kabupaten Polewali Mandar”. UjarnyaDalam menyemarakkan Polman EXPO 2022, berbagai UMKM dan stand Perangkat Daerah serta Kecamatan, turut mewarnai perhelatan Pameran EXPO 2022.Tim Warta Kominfo SP Polewali Mandar...

Selengkapnya...

Kategori

  • 37
  • 2
  • 185